Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Impikasi pengembangan Model – model pembelajaran dalam Pendidikan

Perkembangan beragam model pembelajaran memiliki peran yang besar dalam upaya meningkatkan kualitas guru dan keberhasilan siswa dalam belajar. Implementasi dari masing – masing model pembelajaran di sekolah mempunyai berbagi implikasi bagi guru, siswa, buku ajar, sarana prasarana, pengelolaan kelas, dan media. Implikasi bagi guru penerapan model pembelajaran memerlukan guru yang kreatif untuk senantiasa memilih dan memadukan model pembelajaran yang tepat ketika menyampaikan materi agar siswa nyaman dalam belajar dan mendapatkan pembelajaran yang bermakna.
Impilasi dari perkembangan model pembelajaran bagi siswa, selain memacu siswa harus siap mengikuti kegiatan pembelajaran yang dalam pelaksanaannya dimungkinkan untuk bekerja baik secara individual, pasangan, kelompok kecil ataupun klasikal, juga siswa harus siap mengikuti kegiatan pembelajaran yang bervariasi secara aktif, misalnya melakukan diskusi kelompok , mengadakan penelitian, dan pemecahan masalah.
Implikasi perkembangan model pembelajaran bagi sarana dan prasarana, sumber belajar dan media adalah perlunya esensi guru untuk mengoptimalkan penggunaan sumber dan media pembelajaran yang bervariasi, baik yang dirancang sendiri maupun memanfaatkan lingkunagn yang ada.

Implikasi perkembangan model pembelajaran terhadap pengaturan ruangan/ kelas adalah perlunya peran guru untuk menata ruang sedemikian rupa agar suasana belajar menyenangkan, misalnya susunan bangku yang dapat berubah – ubah, kegiatan yang bervariasi yang tidak selalu belajar di dalam kelas tetapi bisa juga di luar kelas, dinding kelas dapat dijadikan sarana memasang hasil karya siswa.
Implikasi perkembangan model pembelajaran terhadap pemilihan metode antara lain pembelajaran yang dilakukan perlu disiapkan berbagai variasi kegiatang denagn menggunakan multi metode.